Review Rumah Belajar : Seri Pendidikan Orang TUA
“ Membiasakan HIdup Sederhana”




Halo Bapak/Ibu Guru hebat, luar biasa dan selalu ingin belajar...
Pada kesempatan ini saya akan mereview materi dari rumahbelajar.id, sebagai salah satu tugas yang harus diselesaikan dalam pelatihan Virtual Coordinator Training Batch 5 Jateng DIY. Review pertama berjudul Membiasakan HIdup Sederhana”. Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan pengarah dan penanganggung jawab Sukiman dan Palupi Raraswa, Nike Kusumahani. Penyunting naskah Agus Mohamad Solihin, Suradi, kontributor naskah Sumar, Adiyati Fathu Roshonah, Yu๏ฌarti, Nana Maznah, Yeti Widiati Perwitasari, penelaah Mohamad Roland Zakaria, Lilis Hayati, Sri Lestari Yuniarti.    
Buku seri pendidikan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang apa dan bagaimana cara orang tua dalam mendidik anak agar terbiasa hidup sederhana
Pada buku ini, kesan pertama yang didapat sangat simple dan penyampaian informasi langsung pada sasaran. Dengan menggunakan ilustrasi menarik. Pesan dari buku ini ditujukan untuk para orangtua bagaimana melatih anak-anak untuk dapat hidup sederhana.
Buku ini diawali dari penjelasan arti hidup sederhana, dilanjutkan dengan penjelasan manfaat hidup sederhana dan diakhiri dengan bagaimana cara menumbuhkan gaya hidup sederhana. Dari pemaparan masing-masing sub judul terlihat sudah sangat jelas dan dijelaskan dengan model point-point penting.
Keunggulan dari buku ini adalah penjelasannya yg singkat, padat dan jelas. Tetapi penggunaan bahasa pada sub judul berbeda dari daftar isi yaitu “bagaimana cara membiasakan hidup sederhana” sedangkan di daftar isi berbunyi “bagaimana cara menumbuhkan gaya hidup sederhana” hal ini yang menjadikan kekurangan pada buku ini.

 Berikut ini Link STT (Speech to Text) : https://youtu.be/ur0WV08Iz6E

 REVIEW KEDUA : MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN PADA ANAK



Selanjutnya review kedua dari rumah belajar dari Seri Pendidikan Orang Tua yang berjudul “Menumbuhkan Kemandirian Pada Anak”. Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan penelaah Adiyati Fathu R., Al๏ฌasari, Asih Priamsari, Murti Kusuma W., Lilis Hayati, Mareta Wahyuni, Novita, Perwitasari, Roland M. Zakaria, Sri Lestari Yuniarti. Dan penyunting bahasa oleh Meity Taqdir Qadratillah. Tujuan dari buku ini adalah menumbuhkan kemandirian pada anak, serta memberikan informasi tentang apa dan bagaimana cara orang tua dalam menumbuhkan kemandirian pada anaknya sejak dini, juga pembiasaan yang perlu dilakukan dalam keluarga.
Pada buku kedua ini tidak jauh berbeda cara pemaparannya dengan buku yang pertama yaitu simple dan penjelasan secara point-point penting saja. Selain itu penjelasan cara menumbuhkan kemandirian pada anak dijelaskan sesuai dengan usia perkembangan anak. Dijelaskan dengan cara yang cukup bagus dengan diberi penjelasan apa yang dapat orangtua lakukan pada setiap usia perkembangan anak. Usia perkembangan yang djelaskan sampai dengan dengan usia 18 tahun. Sayangnya tidak disertai contoh-contoh prilaku nyata dari setiap point yang disajikan. 

Berikut Ini Link TTS (Text to Speech) : https://youtu.be/YZQSAHVNJI4

Comments

Popular posts from this blog

LIMA BAHASA KASIH